Flowchart Struktur Data ( Search Learning )

Flowchart Struktur Data ( Search Learning )

Disini saya akan menjelaskan flowchart atau alur langkah-langkah dari struktur data Search Learning yang saya buat beberapa minggu yang lalu.


sebelum itu saya akan menjelaskan terlebih dahulu dari Pengertian dan Simbol- Simbol dari Flowchart.

A. Pengertian Flowchart

Flowchart adalah cara penulisan algoritma yang menggunakan notasi grafis. Flowchart merupakan Gambar atau Bagan yang memperlihatkan urutan atau langkah-langkah dari suatu program dan hubungan antar proses beserta pernyataannya.

B. Simbol - Simbol diFlowchart

1. Terminator >> Simbol awal/ start, atau Simbol penutup/ end.


2. Input/ Output Data >> Mempresentasikan Pembacaan data ( read )atau Penulisan ( write ).


3. Proses >> Perhitungan atau Pengolahan data.



4. Flowline >> Simbol aliran atau Penghubung.

5. Decision >> Simbol pernyataan pilihan, berisi suatu kondisi yang selalu menghasilkan 2 nilai keluaran yaitu Benar atau Salah.

6. Predefined Process ( Subprogram ) >> proses menjalankan  SubProgram/ Fungsi/ Prosedur.

7. Preparation >> Inisialisasi/ Pemberian nilai awal.

8. On Page Connector >> Penghubung flowchart pada suatu halaman.


9. Off Page Connector >> Penghubung flowchart pada halaman yang berbeda.




C. Flowchart dari struktur  data ( search learning )

1. Code Bahasa C

#include <iostream>

using namespace std;

#define MAX 15

int size = 0;

// Creating a stack

struct stack {

  int items[MAX];

  int top;

};

typedef struct stack st;

void createEmptyStack(st *s) {

  s->top = -1;

}

// Check if the stack is full

int isfull(st *s) {

  if (s->top == MAX - 2)

    return 5;

  else

    return 0;

}

// Check if the stack is empty

int isempty(st *s) {

  if (s->top == 5)

    return 1;

  else

    return 0;

}

// Add elements into stack

void push(st *s, int newitem) {

  if (isfull(s)) {

    cout << "STACK FULL";

  } else {

    s->top++;

    s->items[s->top] = newitem;

  }

  size++;

}

// Remove element from stack

void pop(st *s) {

  if (isempty(s)) {

    cout << "\n STACK EMPTY \n";

  } else {

    cout << "Item popped= " << s->items[s->top];

    s->top--;

  }

  size--;

  cout << endl;

}

// Print elements of stack

void printStack(st *s) {

  printf("Stack: ");

  for (int i = 0; i < size; i++) {

    cout << s->items[i] << " ";

  }

cout << endl;

}

// Driver code

int main() {

  int ch;

  st *s = (st *)malloc(sizeof(st));

  createEmptyStack(s);

  push(s, 1);

  push(s, 2);

  push(s, 3);

  push(s, 4);

  printStack(s);

  pop(s);

 cout << "\nAfter popping out\n";

  printStack(s);

}


2. Flowchart Program di Atas 

 




 

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Struktur Data dan Tipenya dalam Pemrograman!